MAKANAN SUPER PEREDA STRES (2)

MAKANAN SUPER PEREDA STRES (2)

Kita semua pasti pernah mengalami stres. Ketika kita merasa stres, wajar jika kita mencari bantuan. Stres kronis dapat berdampak serius pada kesehatan fisik dan emosional. Menariknya, makanan tertentu memiliki kualitas penghilang stres.

Dunialansia.com – Sahabat Lansia, stres kronis dapat berdampak serius pada kesehatan fisik dan emosional. Bahkan, dapat meningkatkan risiko kondisi seperti penyakit jantung dan depresi. Itu sebab, stres harus diatasi sebelum menjadi kronis.

Banyak cara dapat kita lakukan untuk mengatasi stres. Salah satunya dengan mengonsumi makanan tertentu yang dapat membantu meredakan stres. Hal ini berkaitan dengan kandungan nutrisi di dalamnya.

Bukan hanya avokad, bayam, biji bunga matahari, buah beri, brokoli, buncis, dan bawang putih. Masih ada lagi makanan lainnya yang juga dapat membantu meredakan stres.

8. COKELAT HITAM

Cokelat hitam dalam makanan dapat mengurangi stres dengan dua cara, melalui dampak kimiawi dan dampak emosionalnya.

Cokelat terasa seperti memanjakan diri sehingga dapat menjadi suguhan yang menyenangkan untuk sekadar menikmati sepotong cokelat. Terlebih bagi penikmat cokelat, perasaan itu saja sudah dapat membantu mengurangi stres.

Cokelat hitam kaya akan antioksidan yang dapat membantu mengurangi stres dengan menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh. Namun, pastikan untuk menikmati cokelat hitam dalam jumlah yang tidak berlebihan, cukup seperempat dari sebatang cokelat hitam (sekitar 1 ons). Selain itu, pastikan cokelat batangan tersebut tidak mengandung gula tambahan yang berlebihan.

Penting juga untuk memilih cokelat hitam berkualitas tinggi. Pastikan cokelat batangan yang kita konsumsi dikemas dari bahan-bahan murni dan tidak ada bahan tambahan atau bahan kimia yang tersembunyi. Perhatikan labelnya untuk dua atau tiga bahan saja, seperti biji kakao, gula tebu, dan mentega kakao.

Selain itu, kandungan kakaonya juga tinggi. Sebuah penelitian (2022) menemukan, cokelat hitam dengan 85% kakao dapat meningkatkan suasana hati lebih baik daripada cokelat dengan 70% kakao.

9. IKAN BERLEMAK

Jaga stres tetap terkendali, sekaligus cegah penyakit jantung, dengan menambahkan ikan berlemak ke dalam piring makan kita. Asam lemak omega-3, yang terkandung dalam ikan berlemak, seperti makarel, herring, salmon, dan sarden, sangat kaya akan lemak omega-3.

Omega-3 tidak hanya penting untuk kesehatan otak dan suasana hati, tetapi juga dapat membantu tubuh mengatasi stres. Faktanya, asupan omega-3 yang rendah dikaitkan dengan peningkatan kecemasan dan depresi pada populasi Barat. Manfaat lain dari omega-3 ialah dapat membantu melindungi dari penyakit jantung dan sindrom pramenstruasi (PMS).

Untuk mendapatkan pasokan omega-3 yang baik bagi kesehatan, usahakan makan minimal 3,5 ons ikan berlemak setidaknya dua kali seminggu.

Ikan berlemak juga kaya akan vitamin D yang juga memainkan peran penting dalam kesehatan mental dan regulasi stres. Kadar vitamin D yang rendah berkaitan dengan peningkatan risiko kecemasan dan depresi.

10. JERUK

Jeruk mengandung vitamin C yang membantu melawan stres. Beberapa penelitian menemukan, kadar vitamin C yang tinggi dapat membantu meringankan tingkat stres.

Satu studi double-blind melaporkan, vitamin C mengurangi tingkat stres pada partisipan yang mengonsumsi 500 mg per hari. Tinjauan lain menemukan, suplementasi vitamin C dapat memperbaiki gejala gangguan yang berhubungan dengan stres, seperti kecemasan dan depresi.

Penelitian lain menunjukkan, vitamin C dapat mengurangi kadar hormon stres sekaligus memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dalam sebuah penelitian terhadap orang dengan tekanan darah tinggi, tekanan darah dan kadar kortisol (hormon stres) kembali normal lebih cepat ketika mereka mengonsumsi vitamin C sebelum melakukan tugas yang membuat stres.

11. KACANG-KACANGAN

Kacang-kacangan adalah camilan penghilang stres yang baik, selain juga mengandung lemak sehat yang tinggi. Kacang-kacangan juga mengandung  vitamin B, bagian penting dari diet sehat dan dapat membantu mengurangi stres.

Kacang almond mengandung banyak vitamin yang bermanfaat: vitamin E untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ditambah vitamin B yang dapat membuat kita lebih tangguh saat stres atau depresi.

Jika ingin menambahkan kacang-kacangan ke dalam menu makanan, ingatlah untuk membatasi porsi hanya segenggam sehari guna menghindari kelebihan kalori. Hanya dengan segenggam kacang pistachio, kenari, atau almond setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah, kolesterol, meredakan peradangan pada arteri jantung, mengurangi risiko diabetes, dan melindungi dari efek stres.

Kacang-kacangan dan biji-bijian juga mengandung magnesium yang tinggi. Ini merupakan nilai tambah, karena magnesium berkaitan dengan manajemen kecemasan yang lebih baik. Temuan dari sebuah tinjauan menunjukkan, magnesium bermanfaat bagi individu dengan tingkat kecemasan ringan hingga sedang.

Sumber:
Everyday Health
Healthline
WebMD
Foto:
Freepik

 

 

Sahabat Lansia, situs dunialansia.com bukan merupakan praktik konsultasi medis, diagnosis, ataupun pengobatan. Informasi di situs ini tidak boleh digunakan sebagai pengganti konsultasi atau saran medis profesional. Bila Sahabat Lansia memiliki masalah kesehatan atau penyakit tertentu atau kebutuhan medis yang spesifik, konsultasikan dengan tenaga medis atau tenaga kesehatan profesional.
Yuk, berbagi artikel ini agar manfaatnya dirasakan oleh banyak orang.