TIP MEMILIH SEPATU YANG TEPAT UNTUK LANSIA

TIP MEMILIH SEPATU YANG TEPAT UNTUK LANSIA

Memilih Sepatu Untuk Lansia.
Sepatu tepat, langkah nyaman, tubuh pun sehat.

Sepatu berperan penting dalam aktivitas sehari-hari lansia. Pemilihan sepatu yang kurang tepat dapat berdampak pada kesehatan lansia. Menurut artikel di Geriatric Orthopaedic Surgery & Rehabilitation, lansia banyak mengalami masalah dengan kaki. Jumlahnya mencapai hampir 80 persen lansia.

Penting bagi lansia untuk mencermati sepatu yang digunakan. Seiring dengan bertambahnya usia, kaki mengalami banyak perubahan sehingga memengaruhi kesesuaian sepatu yang digunakan. Adanya penipisan kulit dan bantalan lemak di bagian bawah kaki, menyebabkan lansia memerlukan bantalan ekstra pada sepatu yang dipakai agar tetap nyaman saat melangkah. Selain itu, kaki yang cenderung melebar karena tendon dan ligament kehilangan kekuatan, menyebabkan kaki lansia membutuhkan sepatu yang lebih besar atau lebih lebar dari biasanya.

Selain itu, gangguan kesehatan seperti artitis dan diabetes juga menyebabkan kaki atau pergelangan kaki membengkak. Tentunya ini perlu menjadi pertimbangan pula saat memilih sepatu. Sebaiknya pilih sepatu dengan bukaan yang dapat mengakomodasi perubahan ukuran kaki. Bila menggunakan tali pengikat, pilihlah Velcro. Lebih nyaman dan tidak menyebabkan sakit.

Dengan memilih sepatu yang tepat, ada banyak manfaat yang dapat dirasakan. Diantaranya rasa sakit dan ketidaknyamanan dapat teratasi. Lansia dapat beraktivitas dengan nyaman. Dapat membantu menjaga keseimbangan, mengurangi risiko jatuh, mencegah masalah lutut dan punggung.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan oleh lansia:

1.Sol antiselip

Ini merupakan bagian yang penting untuk menjaga stabilitas dan mencegah terjatuh.

2. Penutup dengan Velcro

Lansia membutuhkan pengikat pada sepatu, agar tidak mudah lepas. Pilihlah pengikat dengan memanfaatkan Velcro agar tidak mengikat terlalu kencang dan mudah dibuka tutup.

3. Pilih mulut sepatu yang lebar

Mulut sepatu yang memiliki bukaan yang lebar akan memudahkan saat memasukkan dan mengeluarkan kaki dari sepatu. Terutama ketika kaki sedang bengkak.

4.Bantalan yang memadai

Bantalan yang lunak akan mengurangi efek benturan pada pinggul dan punggung kaki. Terutama ketika sedang berjalan dan terbentur sesuatu yang keras.

5. Sol dalam yang dapat dilepas

Untuk menambah kenyamanan, dapat membuat sendiri sol pada bagian dalam sepatu. Untuk itu, pilihlah sepatu dengan sol bagian dalam yang dapat dilepas.

6.Punggung yang tinggi

Punggung yang tinggi membantu menstabilkan pergelangan kaki. Sisipan yang keras dapat membantu agar tidak terjatuh.

7. Hak yang rendah

Pilih hak yang tidak tinggi, tapi juga tidak datar. Hak yang lebar dan agak terangkat dapat membantu mengurangi ketegangan pada kaki dan tungkai.

Demikian tip memilih sepatu untuk lansia.

Baca juga : Menawan, Tanpa Memaksa Terlihat Lebih Muda

Sumber foto:

Freepik.com

Berbagi itu indah

Tulisan Lainnya