5 AKTIVITAS UNTUK LANSIA DI MASA PANDEMI

5 AKTIVITAS UNTUK LANSIA DI MASA PANDEMI

Ciptakan kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat di rumah.

Pandemi menciptakan gaya hidup baru. Demikian pula untuk lansia. Dengan pertimbangan kesehatan, lansia disarankan tidak banyak melakukan aktivitas keluar rumah.  Namun, tak perlu berkecil hati. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan walaupun tetap berada di rumah. Berikut aktivitas manula masa pandemi :

 1. Membaca

Aktivitas membaca boleh dibilang kegiatan yang luar biasa untuk lansia. Membaca adalah kegiatan yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu, sekaligus melibatkan otak. Membaca dapat sekaligus untuk meningkatkan daya ingat, mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur dan menunda penurunan kognitif. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk melakukan aktivitas membaca. Mulai dari membaca buku, mendengarkan audio yang membacakan buku tertentu, atau membaca melalui e-book. Atau, ikut klub buku, sekaligus bisa jadi ajang sosialisasi.

2. Menyalurkan hobi.

Menjalankan hobi bisa jadi pilihan aktivitas dimasa pandemi. Terutama hobi yang bisa dilakukan dalam ruangan. Seperti, memasak dengan mencoba aneka resep baru, merajut, merenda, menulis, memainkan alat musik, dan lain-lain. Atau, mencoba memelajari hobi yang baru. Ingat, belajar merupakan cara yang bagus untuk menjaga pikiran untuk tetap aktif dan mencegah kebosanan.

 3. Berolahraga

Lakukan olahraga rutin selama 30 menit setiap hari. Lokasinya, cukup di teras atau di halaman rumah. Pilih wilayah yang terkena sinar matahari. Sinar matahari memberikan banyak untuk tubuh. Paparan sinar matahri dapat membantu tubuh untuk memproduksi vitamin D, nutrisi penting bagi kesehatan tulang dan otak. Manfaat lain sinar matahari dapat memperbaiki suasana hati dan kualitas tidur. Atau, lakukan olahraga dalam ruangan, seperti yoga dan senam ringan. Untuk menjaga kestabilan dan keseimbangan tubuh. Selain juga mengurangi pembengkakan di pergelangan kaki. (Baca juga : OLAHRAGA TINGKATKAN IMUNITAS DI MASA PANDEMI)

 4. Mengasah kreativitas.

Mengasah kreativitas juga dapat menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu di dalam rumah bersama lansia. Kegiatan mengatur album keluarga, mengumpulkan resep keluarga yang sudah tercecer, atau sekadar menggambar, mewarnai, melukis atau memahat tergolong kegiatan yang dapat mengasah kreativitas. Mengasah kreativitas ini juga memiliki manfaat kesehatan. Penelitian menemukan bahwa aktivitas mengasah kreativitas dapat membantu orang yang sedang berjuang melawan penyakit kronis untuk mengurangi emosi negatif dan meningkatkan emosi positif, serta mengurangi stress dan kecemasan.

5. Menonton film atau acara TV

Menonton TV sepanjang hari bukanlah hobi yang sehat. Namun, menonton TV atau film yang bersinggungan dengan hobi, atau pengetahuan akan memberikan manfaat dan menambah pengetahuan. Atau, mendengarkan musik yang disukai pastinya menjadi  aktivitas yang menyenangkan dan memiliki manfaat.  Musik mampu mengurangi stres dan kecemasan dan rasa sakit. Ini juga berfungsi untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh serta membantu meningkatkan daya ingat.
Demikian aktivitas untuk lansia di masa pandemi yang bisa dilakukan.

Sumber:
Dailycaring.com
Hellosehat.com

Sumber foto:
Freepik.com

 

Berbagi itu indah

Tulisan Lainnya