OLAHRAGA TINGKATKAN IMUNITAS DI MASA PANDEMI

OLAHRAGA TINGKATKAN IMUNITAS DI MASA PANDEMI

Yuk, rutin berolahraga untuk tingkatkan daya tahan tubuh. Tapi, pilihlah yang sesuai dengan kemampuan tubuh ya…

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama pandemi. Salah satunya adalah dengan berolahraga. Demikian pula dengan lansia. Dengan berolahraga, banyak manfaat yang dapat diperoleh lansia. Diantaranya kebugaran tubuh, memperbaiki proses metabolisme tubuh, membuat otot kaki serta tendon kuat, dan menurunkan risiko cedera.

Namun patut diingat bahwa olahraga yang dilakukan tentunya berbeda dengan ketika masih muda. Alasannya, seiring dengan bertambahnya usia, maka fungsi organ tubuh pun mengalami penurunan. Contoh, kemampuan jantung untuk memompa darah. Ini yang dapat dijadikan penanda, Ketika memasuki usia senja akan lebih cepat merasa Lelah Ketika berolahraga, dibandingkan masa muda dulu. Untuk itu, lansia hendaknya pandai-pandai dalam memilih olahraga yang akan dilakukan. Sesuaikan dengan toleransi tubuh masing-masing.

Olahraga untuk lansia yang sebaiknya dilakukan sesuai dengan anjuran lembaga kesehatan dunia sebagai berikut:

1.Melakukan olahraga kardio.
Olahraga ini bermanfaat untuk memacu jantung, meningkatkan laju pernapasan dan memompakan darah lebih cepat. Ada beberapa kegiatan yang tergolong olahraga kardio yakni, jalan kaki, jogging, senam aerobik, sepeda, berenang, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk intensitas berat lakukan sebanyak 75 menit dalam seminggu. Atau, minimal 150 menit seminggu bila melakukan olahraga kardio dengan intensitas sedang.

2.Melakukan olahraga keseimbangan
Lakukan olahraga keseimbangan kurang lebih 3 kali seminggu. Ragam olahraga keseimbangan yang dapat dilakukan lansia antara lain yoga, pilates, Latihan jalan mundur, jalan menyamping, berjalan sambal jinjit, latihan bangkit berdiri dari duduk.

3.Melakukan olahraga ketahanan otot
Lakukan minimal 2 kali dalam seminggu. Ragam olahraga untuk ketahanan otot antara lain, pull up, push up, atau angkat dumbbell yang ringan, dan lain-lain.

Idealnya untuk pelaksanaan waktu olahraga adalah dilakukan secara teratur setiap hari. Bagi aktivitas olahraga menjadi 5 hari dalam seminggu. Lakukan aktivitas fisik yang berat 3 hari dalam seminggu. Dengan durasi sedikitnya 10 menit sampai maksimal 30 menit. Kombinasikan dengan aktivitas sedang. Dengan demikian kebutuhan tubuh akan olahraga dapat terpenuhi.
Sumber :

www.cheatsheet.com
www.kompas.com
Foto: freepik.com

Berbagi itu indah

Tulisan Lainnya