Perempuan Takut Tua, Siapa Bilang?

Perempuan Takut Tua, Siapa Bilang?

Inilah sejumlah mitos tentang penuaan yang perlu diketahui agar kita tidak terjebak di dalamnya.

dunialansia.com – Sobat Muda Peduli Lansia, tak jarang kita terjebak dalam suatu pendapat yang ternyata hanya mitos belaka. Salah satunya, ada anggapan bahwa perempuan takut menjadi tua. Padahal, enggak juga, kok.

Dilansir dari situs web Healthy Women, survei yang dilakukan National Women’s Health Resource Center menemukan, perempuan cenderung memiliki pandangan positif terhadap penuaan dan terinspirasi oleh orang lain yang juga memiliki sikap positif dan yang tetap aktif seiring bertambahnya usia. Perempuan yang disurvei cenderung memandang penuaan sebagai “sebuah petualangan dan peluang” dan kecil kemungkinannya untuk memandang penuaan sebagai suatu tekanan atau perjuangan.

Nah, siapa bilang perempuan takut tua? Masih ada lagi sejumlah mitos tentang penuaan yang perlu diketahui agar kita tidak terjebak di dalamnya. Yuk, simak berikut ini!

# Penuaan menyebabkan depresi.
Penelitian justru menemukan, lansia adalah kelompok usia yang paling bahagia. Tingkat kebahagiaan menurut usia mengikuti kurva berbentuk U, dengan tingkat kebahagiaan yang dilaporkan pada titik terendah adalah usia 40, tetapi kemudian tumbuh sesudahnya.

# Penuaan berarti menuju kesendirian.
Meskipun isolasi sosial dapat menjadi masalah bagi lansia, terutama bagi mereka yang memiliki mobilitas terbatas, sebagian besar lansia dapat tetap terlibat secara sosial. Kegiatan dengan keluarga dan teman-teman, bergabung dengan komunitas lansia, dan kunjungan ke tempat-tempat, seperti pusat senior setempat atau tempat ibadah, akan membantu lansia tetap aktif dan bahagia.

# Penuaan membuat kita tak dapat beradaptasi dengan situasi baru.
Faktanya, lansia justru ahli dalam beradaptasi. Saat seseorang menjadi lansia, mereka harus beradaptasi dengan perubahan dan transisi yang tak terhitung banyaknya dalam kehidupan. Lansia mungkin lebih lambat untuk mengubah pendapat mereka, tetapi salah satu kemampuan terbesar umat manusia, yaitu beradaptasi, umumnya tetap bertahan meski kita bertambah tua.

# Penuaan membuat kita jadi kurang kreatif.
Faktanya, banyak seniman yang benar-benar menemukan panggilan mereka atau mencapai penguasaan di tahun-tahun berikutnya. Salah satunya, Anna Mary Robertson Moses (7 September 1860—13 Desember 1961) alias Grandma Moses. Seniman rakyat Amerika ini mulai serius melukis di usia 78 dan sering dijadikan contoh seseorang yang berhasil memulai karier di bidang seni pada usia lanjut. (en.wikipedia.org)

# Penuaan membuat kita tidak produktif.
Meski pensiunan sudah meninggalkan dunia kerja, bukan berarti mereka tidak produktif, lo. Tak sedikit lansia yang memberikan banyak waktunya untuk membantu membesarkan cucu, lantaran kedua orangtuanya (anak-anak dari lansia) bekerja. Banyak pula lansia yang aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial dengan menjadi tenaga sukarelawan. Bahkan, seperti dilansir situs web A Place For Mom, sebuah laporan oleh Biro Statistik Tenaga Kerja menunjukkan, 24% dari warga senior terlibat dalam pekerjaan sukarela setelah pensiun. *

Sumber:
Healthywomen.org
Aplaceformom.com

Foto:
Freepik.com

 

 

Berbagi itu indah

Tulisan Lainnya