LIMA HAL PENTING, CIPTAKAN KULIT NYAMAN LANSIA

LIMA HAL PENTING, CIPTAKAN KULIT NYAMAN LANSIA

Perubahan kulit tak dapat dihindari pada lansia. Namun, dengan perawatan kulit yang tepat dapat membuat penampilan kulit menjadi lebih baik dan nyaman.

Seiring bertambahnya usia, kulit pun mengalami perubahan. Demikian pula dengan lansia. Perubahan kulit yang umum dialami oleh lansia adalah kulit menjadi lebih kering dan teriritasi. Selain itu, ada beberapa tanda perubahan kulit lainnya, seperti kulit tampak lebih tipis, terkadang terasa gatal-gatal (karena kering), mulai muncul bitnik-bintik penuaan dan biasanya lebih rentan terkena infeksi kulit.  Kondisi ini, pastinya tidak nyaman untuk Oma dan Opa.

Untuk mengurangi kulit yang terasa kering, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mandi. Mandi terasa sangat menyegarkan dan membuat kulit terasa lebih lembab. Namun, agar memberikan hasil yang maksimal,  Sobat Muda Peduli Lansia, ada beberapa langkah yang hendaknya diperhatikan saat mandi agar dapat mengurangi ketidaknyamanan pada kulit. Mandi memang langkah praktis yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada kulit yang kering.

Berikut  beberapa langkah sederhana yang dilakukan saat mandi, yang niscaya dapat mengurangi ketidak nyamanan kulit Oma dan Opa pada kulitnya.

  1. Jangan gunakan sabun batangan.

Sabun batangan keras dan mudah mengiritasi kulit. Gantilah dengan pembersih atau emolien yang lembut dan bebas pewangi.

  1. Gunakan air hangat.

Jangan gunakan air panas, karena air yang panas menghilangkan minyak alami pada kulit. Sehingga dapat meningkatkan kekeringan pada kulit.

  1. Hindari menggunakan sikat mandi atau puff yang kasar.

Lebih baik beralih ke spons atau kain yang lembut untuk mengosok kulit. Karena, kulitnya sudah semakin tipis dan mudah teriritasi.

  1. Jangan mandi terlalu lama.

Mandi terlalu lama juga tidak baik untuk  kulit. Kulit menjadi lebih kering. Lakukan mandi dengan singkat  selama lebih kurang 10 menit. Cobalah untuk menepuk-nepuk air dengan lembut ke kulit. Sisakan sedikit air di kulit, kemudian usapkan pelembab. Ini dapat membantu melembabkan kulit.

  1. Gunakan pelembab bebas pewangi.

Gunakan pelembab kira-kira 3 menit setelah mandi. Ini akan membantu meringankan kekeringan dan melindungi kulit.

Sumber:

www.aad.org

Foto:

pinterest

Berbagi itu indah

Tulisan Lainnya