ENAM LANGKAH TUMBUHKAN NAFSU MAKAN LANSIA

ENAM LANGKAH TUMBUHKAN NAFSU MAKAN LANSIA

Lakukan beragam eksperimen untuk menambah nafsu makan lansia.

Sobat Muda Peduli Lansia, pasti pernah mendapati Oma atau Opa nya kurang nafsu makan. Padahal makan merupakan aktivitas penting dan patut diperhatikan karena merupakan sumber energi. Mampu membuat lansia makan saat mereka tidak nafsu makan adalah sebuah tantangan.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab lansia tidak nafsu makan. Bisa karena pengaruh dari kesehatan, efek samping dari pengobatan, gangguan pada gigi, dan lain-lain. Nah, bila penyebabnya bukan dari 3 hal yang disebutkan tadi, maka sudah sewajarnya, bila Sobat Muda Peduli Lansia wajib melakukan beragam eksperimen agar tumbuh kembali nafsu makan Oma atau Opa-nya.

Kuncinya, jangan pernah putus asa atau merasa kecil hati ketika sudah berulang kali mencoba. Sekali pun sering gagal, lakukan terus dengan berbagai eksperimen. Niscaya akan ditemukan cara yang tepat untuk Oma dan Opa makan lebih banyak.

Berikut 6 tip yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan minat makan Oma dan Opa.

1.Siasati ketidaknyamanan karena efek samping dari pengobatan.

Beberapa obat menyebabkan mulut menjadi kering. Untuk itu, sebelum makan, mintalah lansia untuk mengunyah permen karet tanpa gula, menyikat gigi, atau menggunakan obat kumur. Dengan melakukan itu, air liur akan terangsang mengalir dan dapat mengurangi ketidaknyamanan. Ini sekaligus dapat meningkatkan kemampuan untuk merasakan makanan. Semoga upaya ini dapat mendorong lansia kembali berselera makan.

2.Berstrategi agar rasa makanan tetap lezat.

Beberapa obat dapat menyebabkan rasa aneh di mulut yang memengaruhi rasa makanan yang dikonsumsi. Cobalah untuk menyiasatinya. Ketika daging terasa seperti logam, cobalah untuk mengganti dengan sumber protein yang lain. Seperti, kacang-kacangan sebagai sumber protein nabati.  Ketika air yang diminum terasa berbeda, tambahkan daun mint atau irisan buah lemon. Aroma mint dan lemon yang khas akan menjadikan air yang diminum terasa lebih segar.

3.Jadikan waktu makan sebagai pengalaman yang menyenangkan.

Makan sendirian terasa membosankan. Sesekali, siapkan meja makan dengan hiasan bunga yang cantik dan perlengkapan makan yang lengkap. Undang sahabat untuk makan bersama dengan diiringi musik yang lembut. Makan bersama sahabat, sambal bercerita pengalaman masa lalu yang menyenangkan, niscaya menciptakan suasana yang beda. Tak perlu menyediakan makanan yang mewah. Kegiatan ini sudah mampu menciptakan pengalaman yang indah dan tentunya bisa membangkitkan selera makan.

4.Ciptakan rasa lebih kuat.

Pada sebagian orangtua, indera perasa (lidah) kerap menjadi kurang sensitif seiring bertambahnya usia. Untuk itu, cobalah untuk menggunakan bumbu yang lebih kuat. Misalnya, tambahkan bawang putih atau bawang merah untuk menambahkan sensasi gurih. Karena, makanan yang hambar kurang mampu menumbuhkan nafsu makan. Hindari menambahkan garam dan gula karena bisa berdampak pada kesehatan.

5.Bereksperimenlah dengan penyajian makanan yang menarik .

Saat ini dengan semakin terbuka informasi, banyak disampaikan di media sosial, cara-cara mendekorasi makanan. Cobalah untuk menyajikan makanan dengan dekorasi yang menarik. Semoga bisa menumbuhkan nafsu makan Oma dan Opa nya.

6.Manfaatkan momen lapar.

Jangan abaikan ketika lansia minta lebih banyak makan. Penuhi keinginannya, asal masih dalam batasan wajar. Jangan berlebihan karena dapat membahayakan kesehatan lansia. Dengan memanfaatkan momen lapar, lansia mendapatkan lebih banyak kalori dan nutrisi untuk tubuhnya.

Sumber: dailycaring.com

Sumber foto: freepik.com

Berbagi itu indah

Tulisan Lainnya