ALAT BANTU DI KAMAR MANDI TINGKATKAN KEAMANAN LANSIA

ALAT BANTU DI KAMAR MANDI TINGKATKAN KEAMANAN LANSIA

Alat bantu tersebut dapat meningkatkan keamananan lansia ketika beraktivitas di kamar mandi.

Sobat muda, sepertinya semua sepakat bahwa kamar mandi adalah tempat yang sangat berbahaya bagi lansia. Lantai yang licin, permukaan yang keras, ruangan yang sempit, banyak terdapat sudut dan tepi yang tajam. Kondisi tersebut tentunya membahayakan bagi lansia. Nah, untuk meningkatkan keamanan lansia kala beraktivitas di kamar mandi, ada loh beberapa alat bantu kamar mandi lansia yang sangat membantu. Untuk itu, yuk, disiapkan produk-produk ini di kamar mandi untuk Oma dan Opa ya..

Dengan bantuan produk-produk ini, Oma dan Opa dapat beraktivitas dengan aman, mengurangi risiko jatuh dan membantu mereka tetap mandiri dalam mengurus keperluan pribadi sehari-hari. Ketika lansia memiliki kepercayaan diri untuk melakukan tugas pribadi dengan aman, seperti menggunakan toilet atau ketika mandi, niscaya akan mampu meningkatkan harga diri dan suasana hatinya. Tak hanya itu, dengan adanya peningkatan keamanan ini, tentunya tidak terlalu mengkhawatirkan.

Berikut beberapa produk yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan keamanan di kamar mandi:

1.Lampu LED Otomatis

Pilihkan untuk Oma dan Opa lampu LED otomatis, yang menyala seketika di kegelapan malam. Ini membantu Oma dan Opa tidak terjatuh ketika sedang di kamar mandi. Tempatkan lampu pada lokasi yang strategis, seperti di tempat tisu gulung, di pintu kamar mandi, sehingga pantulan cahaya sekaligus berguna sebagai penanda.

2.Pegangan tangan

alat bantu kamar mandi lansia

Pegangan tangan yang dipasang di dinding ini berguna untuk tumpuan ketika lansia berpindah tempat dari satu wilayah ke wilayah lain. Misalnya, dari tempat mandi menuju ke kloset. Letakkan pegangan tangan ini pada beberapa titik yang memang jadi peralihan lansia.

3.Isolasi bertekstur


Untuk menghindari barang-barang yang dipegang jatuh, maka balut shower atau pun pegangan tangan dengan isolasi bertekstur sehingga bisa menjadi tumpuan telapak tangan dengan baik, ketika permukaan benda tersebut licin atau berminyak.

4.Frame atau kerangka pengaman toilet

alat bantu kamar mandi lansia

 

Frame toilet ini bermanfaat untuk menjadi pegangan saat lansia menggunakan toilet. Model ini dapat disesuaikan dengan ketinggian dan lebar toilet yang dimiliki lansia.

5.Pegangan bathtub

alat bantu kamar mandi lansia

Pegangan bathtub ini bermanfaat untuk lansia agar lebih mudah berpegangan tangan saat hendak masuk dan keluar dari bak mandi.

6.Bantalan kloset

alat bantu kamar mandi lansia

Untuk memudahkan lansia menggunakan kloset duduk, tambahkan bantalan pada bagian klosetnya, sehingga membantu lansia ketika akan meletakkan pantatnya di kloset.

Sumber artikel dan foto:
dailycaring.com

Berbagi itu indah

Tulisan Lainnya