Empat Langkah Ciptakan Hidup Sehat di Usia Senja

Empat Langkah Ciptakan Hidup Sehat di Usia Senja

Tak ada kata terlambat untuk memulai gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat menjadikan lansia dapat menikmati hari-harinya dengan nyaman.

Sobat Muda Peduli Lansia, memiliki tubuh yang bugar dan tetap mampu melakukan beragam aktivitas sehari-hari di usia senja, adalah anugerah yang tak ternilai. Untuk mencapai itu, alangkah baiknya kita mulai menerapkan gaya hidup sehat. Mulailah dari hal-hal sederhana yang dapat dilakukan. Tak perlu khawatir, bila Anda terinspirasi saat sekarang dan sudah berusia 70 tahun, misalnya. Tak ada kata terlambat. Lebih baik memulai daripada tidak sama sekali.

Apa saja empat langkah praktis untuk mendapatkan hidup sehat dan bahagia di usia senja? Kelima langkah berikut, sangat mudah dilakukan dalam keseharian. Yuk, mulai berubah menjadi lebih baik.

1.Makanan yang dikonsumsi adalah cermin kesehatan diri .

Mulai dari sekarang, penting untuk memiliki kebiasaan makan yang sehat. Cermati bahwa seiring dengan bertambahnya usia, beberapa perubahan terjadi, seperti metabolisme yang lebih lambat, perubahan indera penciuman dan indera rasa yang mengalami penurunan fungsi dapat memengaruhi nafsu makan.

Untuk itu, pintar-pintarlah dalam memilih makanan. Agar mendapat tubuh yang sehat, pilihlah makanan yang kaya akan serat, sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan daging tanpa lemak sebagai sumber protein. Bahan makanan tersebut, akan membuat Anda tetap berenergi sambil membantu pencernaan yang mulai melembat.

Tak ada salahnya makan bersama teman, keluarga atau tetangga. Makan bersama akan menciptakan suasana gembira, hubungan relasi pun tetap terjaga. Selain itu, pastikan bahwa kebutuhan tubuh akan air dapat terpenuhi. Pastikan untuk minum bahkan ketika sedang tidak merasa haus. Penting juga untuk membuat rasa dan tampilan makanan dikonsumsi terlihat lezat dan menarik untuk mendorong selera makan.

  1. Tetaplah aktif

Olahraga merupakan kontributor nomor satu untuk panjang umur. Jadi, tak ada kata terlambat untuk mulai berolahraga secara rutin. Lakukan olahraga selama 30 menit sebanyak 3 – 5 kali per minggu. Untuk bisa saling memotivasi, lakukan olahraga bersama teman-teman. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Olahraga memiliki banyak manfaat:

  • Mencegah kehilangan memori (demensia).
  • Memproduksi hormon endorfin yang menimbulkan perasaan nyaman (baik).
  • Meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Meningkatkan kualitas tidur.
  • Meningkatkan keseimbangan dan postur yang baik.
  1. Lakukan latihan otak.

Lakukan aktivitas sehari-hari yang memacu otak untuk tetap kreatif. Misalnya, mempelajari keterampilan baru, mengisi teka teki silang, mempelajari bahasa baru, mencoba resep masakan baru, dan beragam kegiatan lain yang melibatkan aktivitas otak.

  1. Perbaiki kualitas tidur

Seiring bertambahnya usia banyak yang mengalami gangguan tidur. Terbangun tengah malam dan susah kembali untuk tidur. Kantuk di siang hari, insomnia, dan lain-lain. Untuk itu, perbaikilah kualitas tidur Anda. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan:

  • Jaga agar cahaya kamar seminimal mungkin karena penerangan yang redup akan membuat tidur lebih nyenyak dan merangsang diproduksinya berbagai hormon oleh tubuh.
  • Lakukan ritual tidur yang nyaman, misalnya, mandi air hangat sebelum tidur, setel musik yang berirama lambat untuk pengantar tidur. Ganti lampu dengan pencahayaan yang redup. Lakukan olahraga secara rutin. Olahraga dipercaya membuat tidur lebih nyenyak.

Sumber:
Aging.com
webmd.com
Foto:
Freepik.com

Berbagi itu indah

Tulisan Lainnya