Tekuni Hobi Perkecil Risiko Bunuh Diri pada Pria Lansia

Tekuni Hobi Perkecil Risiko Bunuh Diri pada Pria Lansia

Menekuni hobi membuat lansia lebih sehat dan bahagia dibandingkan yang tidak memiliki hobi apa pun.

Sobat Muda Peduli Lansia, menurut penelitian yang dilakukan oleh American Foundation for Suicide Prevention menunjukkan bahwa pria lansia tiga kali lebih banyak meninggal karena bunuh diri dibandingkan wanita pada usia yang sama. Tak hanya itu, yang lebih mengkhawatirkan, 7 dari 10 korban bunuh diri tersebut adalah pria.

Nah, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko bunuh diri dan depresi pada pria lanjut usia adalah dengan melakukan aktivitas hobi yang disukai. Data statistik menunjukkan angka tersebut menjadi lebih rendah lagi, jika ada satu hobi bersifat fisik yang dapat dilakukan. Dengan melakukan hobi yang bersifat fisik, para pria lanjut usia tersebut dapat melakukan aktivitas sosial yang menyehatkan mentalnya, karena bertemu dan bersosialisasi dengan banyak teman yang melakukan aktivitas tersebut. Selain itu, fisiknya pun menjadi lebih sehat karena aktif melakukan beragam kegiatan.

Aktivitas hobi yang sifatnya fisik dan banyak mempelajari hal baru bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Ada banyak manfaat kesehatan yang diperoleh dengan aktif bergerak. Berikut beberapa penyakit yang dapat terhindar:

  1. Penyakit sendi. Jalan pagi dapat mengurangi rasa nyeri pada sendi.
  2. Penyakit jantung, stroke karena aktif bergerak memperlancar peredaran darah dan metabolisme tubuh.
  3. Alzheimer dan demensia. Aktif bergerak membantu pembentukan sel otak dan memperlancar aliran darah ke otak.

Untuk pilihan kegiatan yang dapat dilakukan oleh para pria lanjut usia ini, hendaknya konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli kesehatan. Ada banyak pilihan aktivitas yang dapat dilakukan oleh pria lanjut usia. Pilihlah kegiatan yang dapat dilakukan bersama-sama, sehingga bisa sekaligus bersosialisasi.

  1. Berjalan sehat keliling taman, museum dan lain-lain.
  2. Mengambil kelas latihan yoga, kelas dansa, kelas memasak, kelas menyongket, dll.
  3. Belajar bahasa baru.
  4. Mengerjakan sudoku, TTS, puzzle
  5. Ikut klub catur
  6. Dan lain-lain

Sumber:

  • inhomecare.com
  • alosehat.id

Foto:

  • Freepik
Berbagi itu indah

Tulisan Lainnya