Musik Membantu Meningkatkan Memori Lansia

Musik Membantu Meningkatkan Memori Lansia

Musik dapat merelaksasi, menigkatkan produktivitas dan mengurangi stres.

Sobat Muda Peduli Lansia, bermusik ternyata memberikan banyak manfaat untuk lansia. Bermusik mencakup mendengarkan musik, memainkan alat musik, atau bahkan hanya sekedar bernyanyi atau berdendang. Menurut Diane Snyder-Cowan, Direktur Elisabeth Prentiss Bereavement Center for Hospice of the Western Reserve di Cleveland, Ohio, musik dapat menenangkan jiwa. Hasilnya, lansia yang aktif dalam bermain dan mendengarkan musik umumya memiliki kesehatan fisik yang lebih baik dan lebih sehat secara mental. Umumnya juga memiliki hubungan yang lebih baik dengan orang lain.

Sebuah penelitian pernah dilakukan di University of Helsininyki, Finlandia, kepada para lansia berusia 75 sampai 95 tahun yang berada di panti jompo dan rumah sakit. Kegiatan bermusik yang dilakukan beragam, mulai dari bernyanyi, bercerita, mendengarkan musik, bermain musik, bergoyang mengikuti irama dan mengapresiasi seni. Kegiatan ini dilakukan seminggu sekali selama 1 jam dalam periode 5 bulan. Hasilnya, para lansia yang mendapatkan kegiatan musikal mampu melakukan aktivitas sehari-hari lebih mandiri dibandingkan dengan yang tidak mendapatkan paparan musik. Kegiatan bermusik juga membuat lansia memiliki kemampuan berkomunikasi dan memori lebih baik, serta mood yang lebih stabil. Berikut beberapa manfaat bermusik bagi lansia

  1. Meningkatkan kesehatan.

Musik memiliki kekuatan untuk membangkitkan kembali ingatan dan emosi yang kuat. Dengan demikian ketika mendengarkan lagu-lagu kenangan dapat menstimulasi untuk mengingat kembali kenangan lama. Ini tentunya sangat berguna untuk meningkatkan kualitas hidup penderita demensia. Tak hanya itu, musik juga dapat mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan tanpa menggunakan obat-obatan.

  1. Mendorong untuk bergerak.

Musik mendorong lansia melakukan gerakan, seperti menari, peregangan atau melakukan olahraga ringan. Dengan bergerak sekaligus dapat meningkatkan kebugaran lansia, membantu meningkatkan kekuatan otot, kelenturan, kesehatan jantung, kepadatan tulang dan meningkatkan aktivitas fisik dengan kecepatan yang aman dan menguntungkan.

  1. Meningkatkan kemampuan komunikasi.

Pada sebagian lansia, bertambahnya usia mengurangi kemampuan berkomunikasi. Dengan mendengarkan musik secara teratur dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan bahasa yang sekaligus juga meningkatkan keterampilan berkomunikasi.

Sumber:

Musicalprom.com

eldercarealliance.org

Foto:

Freepik

Berbagi itu indah

Tulisan Lainnya