Rumah Aman dan Nyaman bagi Lansia

Rumah Aman dan Nyaman bagi Lansia

Cermati sisi-sisi rumah yang berbahaya. Manfaatkan marka-marka pelindung atau alat bantu khusus lansia.

Rumahku, istanaku. Memasuki usia senja kebanyakan lansia ingin tinggal nyaman di rumahnya. Sayangnya, kondisi kesehatan dan kemampuan fisiknya semakin menurun. Ini tentunya memengaruhi lansia dalam beraktivitas sehari-hari di rumah. Seperti, penglihatan yang sudah berkurang, kesulitan berjalan, tulang keropos, dan lain-lain, membuat lansia rentan mengalami kecelakaan di lingkungan rumah atau tempat tinggalnya.

Agar lansia nyaman di rumah, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut:

  1. Pencahayaan yang baik.

Kemampuan penglihatan lansia mulai berkurang. Penting mencermati pencahayaan ruangan. Pastikan hunian memiliki banyak cahaya alami (sinar matahari) masuk. Jika menggunakan lampu, utamakan memilih lampu dengan cahaya putih karena minim bayangan sehingga nyaman untuk mata lansia. Sedangkan lampu pijar baik digunakan sebagai penerangan ketika membaca atau menjahit.

  1. Tambahkan handle atau pegangan.

Handle membantu saat berdiri dan berjalan, dapat dimanfaatkan untuk pegangan. Untuk itu, tempatkan handle pada beberapa tempat yang strategis. Seperti, toilet, koridor, dan lain-lain.

  1. Ciptakan ruangan yang lebih lapang.

Agar ruangan lebih lapang, kurangi barang-barang atau furnitur yang berisiko membahayakan. Terutama yang permukaan keras dan tajam, untuk mengurangi risiko benturan yang membahayakan jika terpeleset atau terjatuh.

  1. Pasang anti-slip.

Untuk mengurangi kemungkinan terpeleset, pada area yang licin, seperti kamar mandi, pasang anti slip berbahan karet. Waspadai dan hindari memasang karpet yang tidak menempel di lantai, khawatir malah akan membuat tersandung atau terpeleset.

  1. Warna dinding yang terang.

Warnai dinding dengan warna terang, karena akan lebih mudah terlihat oleh lansia. Atau pilihlah warna-warna yang solid karena akan lebih mudah terlihat.

  1. Berikan marka pada tempat-tempat yang berbahaya.

Manfaatkan warna solid sebagai marka pada sisi-sisi berbahaya di rumah, seperti tangga atau kemiringan lantai sehingga lansia lebih awas. Tambahkan stip kontras pada tangga. Gunakan lantai anti selip di pintu masuk di dalam rumah.

Sumber:
seniorliving.com
liputan6.com
Foto: freepic

Berbagi itu indah

Tulisan Lainnya