10 Bahan Makanan Kaya Manfaat bagi Lansia

10 Bahan Makanan Kaya Manfaat bagi Lansia

Pilihlah bahan makanan sarat gizi yang bermanfaat untuk tubuh, sekaligus menurunkan risiko berbagai komplikasi penyakit.

Sobat Muda Peduli Lansia, cermatilah makanan yang dikonsumsi lansia. Dengan memerhatikan asupan nutrisinya maka kesehatan lansia akan terjaga. Untuk itu pilihlah bahan-bahan makanan yang dapat mencukupi kebutuhan tubuh akan nutrisi, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan. Seperti, menurunkan risiko berbagai komplikasi penyakit jantung, diabetes, sekaligus dapat mencegah demensia.

Jadi ketika berbelanja bahan makanan, cobalah untuk menambahkan 10 bahan makanan istimewa berikut di keranjang belanja Anda.

1. Buah Apel

Apel kaya akan kalium, antioksidan dan vitamin C. Dengan demikian apel sangat membantu bagi lansia untuk mempertahankan kadar gula darahnya. Selain itu, serat larut yang dikandung buah apel dapat membantu menurunkan kolesterol dan memperlambat penyerapan glukosa. Mengonsumsi apel juga dapat meningkatkan asetilkolin yang bermanfaat mencegah penyakit otak seperti alzheimer.

  1. Kerang

Kerang tergolong makanan laut , termasuk kepiting dan tiram yang kaya akan vitamin B12, zat besi, magnesium, dan kalium, bermanfaat untuk menjaga kesehatan fungsi otak. Selain juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber protein.

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau kaya akan antioksidan yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Kandungan polifenol dalam bayam juga bermanfaat untuk menurunkan risiko diabetes. Utamanya, sayuran hijau adalah sumber serat dan kaya akan vitamin K yang meningkatkan kemampuan daya pikir dan daya ingat serta memperlambat penurunan mental saat memasuki usia senja.

  1. Ikan tuna dan salmon

Ikan salmon dan tuna memiliki kadar asam lemak omega-3 yang tinggi, yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan otak.

  1. Telur

Telur sebagai sumber protein mudah diperoleh dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, telur kaya akan kolin yang merupakan vitamin B yang berguna untuk meningkatkan daya ingat dan membantu dalam manajemen mood.

  1. Tomat

Tomat kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam melawan kanker. Selain itu, kandungan lycopene yang tinggi bermanfaat mencegah kanker prostat. Kandungan kolin, serat dan potasium juga dapat meningkatkan fungsi jantung.

  1. Avokad

Avokad mengandung lemak baik yang dapat meningkatkan fungsi otak dan mata. Selain juga dapat membantu melancarkan peredaran darah. Tak hanya itu, kandungan magnesium, kalium, vitamin B6 yang terdapat pada avokad juga berguna untuk mengatasi penyakit sendi.

  1. Cokelat hitam

Mengonsumsi cokelat khususnya cokelat hitam (dark chocolate) banyak memberikan manfaat karena kaya akan antioksidan. Bermanfaat mencegah serangan jantung, menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke.

  1. Kopi

Kopi memberikan manfaat bagi tubuh bila dikonsumsi tidak berlebihan. Minum kopi yang disarankan adalah maksimal 2 cangkir per hari. Kopi kaya akan antioksidan, yang bermanfaat untuk mengurangi risiko diabetes, alzheimer dan parkinson.

  1. Yoghurt

Yoghurt diperoleh dari fermentasi susu. Yoghurt mengandung prebiotik yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Selain itu, kandungan magnesium, selenium dan zinc di dalam yoghurt juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Sumber:
Sunrise-care.co.uk
Alodoctor

Foto:
freepik

Berbagi itu indah

Tulisan Lainnya