Tips Merancang Liburan bagi Lansia

Tips Merancang Liburan bagi Lansia

Rancang liburan agar bisa meminimalkan budget, demi mendapatkan manfaat yang maksimal.

Setelah bekerja keras di usia produktif, memasuki usia senja, impian ingin berwisata ke berbagai tempat yang menarik, menjadi mungkin untuk diwujudkan. Apalagi dari sudut waktu, lebih banyak memiliki waktu lowong karena sudah tidak terikat jam kerja. Tak hanya itu, berwisata bagi lansia memiliki banyak manfaat.

Sobat Muda Peduli Lansia, salah manfaat berwisata adalah untuk kesehatan, khususnya kesehatan mental. Menurut makalah yang berjudul Destination Healthy Aging: The Physical, Cognitive and Social Benefits of Travel yang dimuat di laman globalcoalitiononaging.com, berwisata menjelajahi kota baru, museumnya, pemandangannya, dan bercakap-cakap dengan penduduk sekitar dengan mempraktekkan bahasa sekitar, mampu membuat otak lansia aktif kembali.

Nah, untuk merancang perjalanan wisata bagi lansia ada beberapa hal yang patut diperhatikan agar wisata tersebut menyenangkan dan tidak menimbulkan masalah baru.

  1. Asuransi Perjalanan.

Miliki asuransi perjalanan untuk menutupi hal-hal yang tidak terduga, seperti pembatalan perjalanan, biaya pengobatan, kehilangan bagasi saat di perjalanan, dan lain-lain.

  1. Cari tahu cara menghemat biaya perjalanan.

Banyak promo yang diberikan bagi lansia, seperti potongan biaya tiket untuk penggunaan alat transportasi, tiket masuk obyek wisata, penginapan, dan lain-lain. Pertimbangkan pula untuk menggunakan biro perjalanan dan memilih tur secara berkelompok. Tur berkelompok bisa menghemat biaya karena ada beberapa biaya yang dapat lebih murah dengan pergi berkelompok. Pilihlah kelompok wisata dengan tujuan wisata yang tidak ekstrim. Selain juga cermati usia anggota kelompok wisata tersebut, pilihlah yang seumuran agar program wisatanya sesuai dengan kondisi fisik lansia.

  1. Lakukan pemeriksaan kesehatan.

Sebelum bepergian lakukan pemeriksaan kesehatan dengan ahli medis, sampaikan kota tujuan wisatanya sehingga dokter dapat memperkirakan apa saja yang harus diwaspadai bagi orang-orang yang sudah berusia lanjut. Bila perlu lakukan vaksin pencegahan sebelum bepergian. Mintalah info rumah sakit di kota tujuan wisata dan catat nomor telepon yang dapat dihubungi. Mintalah info obat pribadi yang perlu dibawa.

  1. Bersantai dan jangan memaksakan diri.

Ingat ini adalah perjalanan wisata untuk bersantai. Jadi jangan memaksakan diri atau ingin mencapai target tertentu tanpa memerhatikan kondisi fisik.

Sumber :
Seniorliving.org
Globalcoalitiononaging.com

Foto:
Freepik

Berbagi itu indah

Tulisan Lainnya