CERMATI GEJALA AWAL DEMENSIA

CERMATI GEJALA AWAL DEMENSIA

Bisa jadi, kita enggak kepikiran mengalami demensia karena gejala awalnya terbilang ringan.

Dunialansia.com – Demensia bukanlah penyakit itu sendiri, melainkan kumpulan gejala akibat adanya kerusakan otak yang disebabkan oleh berbagai penyakit, seperti Alzheimer. Gejala ini bervariasi sesuai dengan bagian otak yang rusak dan setiap orang memiliki gejalanya sendiri-sendiri.

Namun, ada beberapa gejala awal umum yang mungkin muncul beberapa saat sebelum diagnosis demensia, seperti:

  • Kehilangan memori/ingatan.
  • Kesulitan berkonsentrasi.
  • Kesulitan melakukan tugas sehari-hari yang biasa.
  • Berjuang untuk mengikuti percakapan atau menemukan kata yang tepat.
  • Bingung waktu dan tempat.
  • Perubahan suasana hati.

GANGGUAN KOGNITIF RINGAN

Gejala awal ini kerap disebut gangguan kognitif ringan (MCI/Mild Cognitive Impairment), karena tidak cukup parah untuk didiagnosis sebagai demensia. Ketika mengalaminya, kita pun mungkin tidak begitu memerhatikan gejala awal ini. Apalagi jika orangtua kita yang lansia atau oma-opa mengalaminya, bisa jadi kita tidak menganggapnya serius karena mengira hal itu adalah bagian dari proses penuaan.

Pada beberapa orang, gejala ini akan tetap sama dan tidak memburuk. Beberapa orang lainnya dengan MCI akan terus mengembangkan demensia.

Penting diingat, demensia bukanlah bagian alami dari penuaan. Itulah mengapa, sangat penting untuk mencermati gejala awal demensia. Segera konsultasikan ke dokter bila orangtua kita yang lansia atau oma-opa atau bahkan kita sendiri mengalami masalah memori atau gejala lainnya. (*)

Sumber:
www.nhs.uk
Foto:
www.freepik.com

Yuk, berbagi artikel ini agar manfaatnya dirasakan oleh banyak orang.